Sabtu, 18 Mei 2013

RESIKO SUNAT SMART KLAMP

Smart klamp adalah metode berkhitan yang terbaru, dimana metode ini memiliki kelebihan anatra lain :
1. Tanpa pendarahan
2. Tanpa Jahitan
3. Langsung bisa beraktivitas termasuk mandi
Jika anda orang tua yang akan mengkhitankan anaknya alangkah lebih baik mengetahui apakah ada resiko jika anak khitan dengan smart klamp?
berikut ini resiko medis yang pernah dijumpai penulis setelah menggunakan metode smartklam lebih dari 3 tahun:
1. Resiko ngulup kembali ,resiko ini terjadi pada anak gemuk yang batang penisnya tenggelam, sehingga untuk anak gemuk tidak kita sarankan menggunakan smart klamp
2. Resiko robek, resiko robek terjadi setelah alat smart klamp dilepas, karena metode ini tanpa jahitan, kadang masih belum kuat lukanya ketika ereksi terjadi robekan yang menyebabkan luka akan lebih lama sembuhnya
Dan masih banyak resiko medis yang ditimbulkan oleh smart klamp, dr sony akan memberikan saran metode yang terbaik untuk anak anda

46 komentar:

  1. Dok, anak sy sunat dgn smart klamp, di bogor. Usia 3,5 thn. Ini hr ke 6, kmrn sdh lepas klamp, trus ktny u lepas selangny hrs rendam air hangat. Hr ini sdh drendam 3 x tp blm ada tanda2 selangny mau lepas. Pertanyannya :
    1. Kira2 brp lama biasanya selangny bisa lepas?
    2. Apakah perlu dibantu dng menggoyang-goyankan selangnya?
    3. Apakah hrs dengan air hangat? Krn si anak agak takut kl pk air hangat

    Terimakasih sebelumnya dok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibantu dengan baby oil pak ditetesi tiap 10 menit,kl 2 hari tidak mau lepas bisa dilepas sendiri dengan cara di tekuk kayak metik mangga pak, biasanya tidak sakit

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Dok saya berumur 21thn dan belum sunat. Saya bingung antara metode smart klamp dan laser. Dari penjelasan Dokter Sony,saya tertarik dengan metode smart klamp yang meminimalisir rasa sakit ini, namun juga takut dengan resiko robek ketika ereksi. Boleh diperjelas kira" seberapa beresiko dan brp lama luka akan sembuh serta apa yang harus dilakukan jika robek. Mohon panduannya juga dok untuk seumur saya paling ideal menggunakan metode yang mana. Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Saya berusia 21 tahun dan belum sunat. Bingung antara sunat laser atau smart klamp,tapi dari penjelasan Dokter Sony diatas saya tertarik dengan metode smart klamp yang meminimalisir rasa sakit ini,namun juga takut dengan resiko robek pada saat ereksi. Pertanyaannya :
    1.apa yang terjadi jika robek gara" ereksi?
    2.kira" butuh berapa lama waktu agar aman dari luka akibat ereksi serta berapa lama waktu penyembuhan jika terlanjur robek?
    3.kira" bagi seumuran saya metode mana yang paling ideal,aman,dan minim rasa sakit?

    Terima kasih banyak dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.JIka terjadi robekan luka akan lebih lama sembuh meskipun tidak sakit dan tetap bisa aktivitas biasa, hanya terkesan luka tidak kering kering
      2.kl sudah robek bisa sekitar 2 minggu terhitung sejak sunat pak
      3.pengalaman laser lebih recomended untuk dewasa

      salam

      Hapus
  5. Dok mau tanya, kalau sunat pakai smart klamp pada org gemuk dan ketika tabung dilepas dan glandsnya tidak nongol keluar apa yg harus dilakukan, apakah kalau didiamkan seiring brjalannya waktu glans bisa keluar dan memanjang.. Kasus ini pada org gemuk. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak makanya orang gemuk tdk disarankah smart klamp krn biasanya kurang potong,krn kulup yg masuk di perut tdk terpotong,kl sdh dewasa kepala msh tertutup dengan kulit sebagian shg hasil krg gagah.salam

      Hapus
  6. Pak sudah 10 hr setelah pelepasan tabung taraklamp dan yg pasti ada lingkar hitamnya dok,nah setelah pelepasan tabung dan sampe rumah saya agak ereksi nyebabin lingkar hitam keserot kebawah karna ereksi,tetapi setelah mengecil kembali yg terjadi lingkar hitamnya tidak keserot lg sperti nyangkut & jadi belendung dok dr batang penisnya sperti keserot,apakah normal & tdk brbhaya dok? Mohon balasannya,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. belendung yang tidak disertai rasa nyeri adalah proses yg normal u sunat clamp pak,akan kempes sendiri,bisa di nfookan pak u kita evaluasi

      Hapus
  7. Dok,saya mau sunat kan bayi saya usia 6 bulan skg.
    Sekarang yg baeknya pake metode apa y? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 bulan anak sdh aktif,agar tdk tll meepotkan orang tua smart klamp msh recomended

      Hapus
  8. Dok,saya mau sunat kan Anak saya usia 8 Tahun saat ini, Menurut Dokter Metode apa yang cocok dan baik dengan minimal Resiko? Terima Kasih.

    BalasHapus
  9. dok umur saya 12 thn apa saya pantas khitan pake smartklamp

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12 thn msh OK,cm kl sdh tdk ada perlengketan metode lain jg msh ok

      Hapus
  10. Dok.
    Saya usia 22tahun, sudah 5hari lepas klamp.
    Tapi lingkar hitam nya kok ga ada tanda-tanda lepas yah? Emang lama yah Dok?

    Terus di lingkar hitam bagian atas masih suka perih dok...
    normal ga yah?

    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kelemahan smart Klamp u dewasa,krn tdk ada jahitan jika penis ereksi luka akan terasa tertarik dan jika luka blm kuat ada sedikit robekan,krn tdk ada yang menahan(ke tdk ada jahitan pd smart klamp) shg timbul perih

      Hapus
    2. kalau sudah terlanjur sobek, solusi yang terbaik apa ya dok ?

      Hapus
  11. Dok, sebenarnya metode khitan yang recomended untuk anak2 usia 6-12 tahun itu apa...
    Smartklamp / Alisklamp sepertinya memberi sedikit harapan, karena cepatnya proses, higienis, dan minim resiko pendarahan..namun proses perawatan pasca khitan dan resiko2 sobek yang menyebabkan penyembuhan menjadi lama (ada yang sampai berbulan-bulan untuk beberapa kasus)...membuat kami sebagai orang tua bingung menentukan pilihan...mohon rekomendasinya Dok...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam menentukan metode saya melihat kondisi anak dan burungnya pak,kl anak gemuk sebaiknya manual, kl anak yg kulupnya masih lengket saran smart klamp, kalau kulitnya tebal cauter lebih recomended, dll sebaiknya konsultasi ke dokternya sebelum khitan, salam

      Hapus
  12. Dok, saya umur 21th baru 2 hari stelah pelepasan smart klamp.mksud dari terjadi kerobekan itu yg bagaimana ya? Terus kok di atas lingkaran hitam nya muncul seperti benjolan melingkar yg lebar ny lebih dri lingkaran hitam nya ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. benjolan melingkar akan kempes sendiri pak, robekan jika ada luka disekitar lingkaran hitam

      Hapus
  13. sunat Smartklamp...boleh tidak mandi air hangat trus di kasih detol cair/ mkasih dok

    BalasHapus
  14. Dok. Saya umur 14 tahun kira2 sudah 2 mnggu saya melepas smart klamp nya.. tp kenapa masih basah? Tidak kering2 dan sembuh.. basah nya hnya di bawah penih saja.. bisa kasih saran dok supaya cepat kering?? Thanks :)

    BalasHapus
  15. dok saya umur 16 tahun saya sudah sunat menggunakan smart klamp 2 tahun yang lalu,setelah smart klampnya di lepas cincin hitamnya nggak melepas sendiri dan menempel sampai sekarang ,apakah ini tidak apa-apa? dan bagaimana melepasnya? terima kasih

    BalasHapus
  16. Dok, anak saya usia 9 tahun. Badannya besar tapi penisnya kecil seperti tenggelam. enaknya bgm ya dok?

    BalasHapus
  17. Dok, saya mau tanya.. apakah setelah sunat smartclamp akan terjadi robekan ? Butuh wkt berapa lama agar robekan itu tidak terjadi ? Dan jika sudah melewati jangka wkt utk menghindari robekan tersebut, apakah masih bisa terjadi robekan ? Saya umur 15 thn, masih bingung mau menggunakan metode sunat apa, mohon rekomendasinya ya dok

    Maaf banyak tanya

    BalasHapus
  18. Dok, Anak saya umur 1,6 Bln, ketika kencing dipucuk penis mengelembung walau air seni lancar keluar dan setelah selesai kembali biasa,disarankan dokter spesialis anak untuk disunat, untuk anak umur segitu baiknya sunat apa ya dok,menginat dia aktif.Terima kasih

    BalasHapus
  19. 16 april 2015 09.10

    Pagi dok...
    Dok,Anak saya sekarang umur 8 bulan rencananya setelah umur 1 tahun mau saya khitankan...menurut dokter metode sunat apa yang lebih bagus untuk anak umur 1 tahun.Terima kasih.

    BalasHapus
  20. Dok umur berapa anak sdh bs d khitan ya? Apakah setelah lahir 1 bulan sdh bs d khitan ?

    BalasHapus
  21. Dok saya umur 17 tahun menggunakan sunat cutter tapi seiring waktu ngulup lagi padahal sudah 12 hari apa normal???

    BalasHapus
  22. Dok saya tanya.ada anak yg ragu sdh disunat apa blom yg diketahuinya slm ini penis ank itu sdh terbuka sprti sunat tp perasaan dia blm prnh sunat smskali hingga dwsa umr 28th dan dia pernh brtanya pd ortunya katanya sdh disunatkn sewktu kelahiran. Dl semasa kcl prnh konsultasi kedoktr klamin katanya kelainan hipospadie.utk skrg ini katanya ukurn sewaktu penisnya tegang bs berdiri tp pendek n agak miring ke kiri,klo penisnya berdiri kira2 8cm kl tdk tegng kisaran 2cm tp sewaktu penis tidur tak tegang ada kulit ujung yg agak menutup kepala penis tp gak 100% terttp hnya dibagian perpotongn leher penis dg kepala penis.pertanyaan saya?

    1. Kl sdh ditafsirkan sm dokter sewaktu konsultasi dulu hipospadie,apa ukuran pas tegang pendek apa tergolong hipospadie.penisnya bs berdiri kencang tp agak miring kekiri tegang kl ada rangsangan. apakah ni smua Jg trgolong hipospadie

    2.ada kulit yg nutup dikit diperlingkaran leher sm kepala penis apakah perlu disunat karena kl lama g dicuci ada kotoran menggumpal di sela leher dg kepala penis?

    3. Klo tho prlu disunat yg baik pakai sunat metode apa dok skrg sdh berumur 29th?

    4. Apakah perlu dioperasi dok kl penisnya pas tegang itu hnya 8cm gak umum 14cm pd umumnya yg dikawatirkan nnti kl punya istri g bs punya keturunan karena sperma g bs smp masuk ke rahim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl gejalan dan gambaran seperti hypospadia pak, hypospadia ada tingkatnnya, kl ringan (hypospadia glandularis) biasanya tdk perlu operasi,coba konsultasi lwt WA dl aja

      Hapus
  23. Dok, mau tanya, kalau sunat laser,berapa lama masa sembuhnya ? Apakah harganya tetap sama ? Butuh berapa hari untuk bisa kembali beraktifitas? Saya sdh berumur 38 th

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl dewasa lgs bisa aktifitas pak,sekarang ada metode baru stappler monggo kl mau konsultasi dl

      Hapus
  24. Dokter saya mau tanya anak saya sdh di khitan menggunakan smartklamp hari ke 5 pengikat kunci putihnya dilepaskan tapibtabung tdk dilrpas katanya bs lepas sendiri. Namun pd hati ke 8 tabung tdk lepas walau sdh dikasih baby oil. Akirnya sy lepaskan,ternyata ada luka robek sepertinya dok dibagian bawah penisnya. Dugaan saya itu krn tdk kering saat bak ktn susah membersihkan pas kena kepala penis.jd terdapat sisa air yg tdk bs dijangkau saat pengeringan.pertanyaan saya bagaimana mengatasi kuka robeknya dan adaapakah itu merusak bentuk khitan nantinya? Mohon dibalas ya dok. Anak saya saat ini berusia 6 thn 9 bln dengan kasus fimosis. Trma ksh dok

    BalasHapus
  25. Dok
    Saya umur 25 tahun saya sudah sunat tgl 23 Juni 2017 pake Metode smartklamp singkat cerita sampe sekrang belum kering
    Kata dokter yang menyunat perban pake kassa rivanol udah juga saya lakukan cuma setiap saya buka bekas sunatnya gak krring malahan berdarah dikit2..
    Gimana solusinya dok ???

    BalasHapus
  26. Dok anak saya umur 6 bulan mau di sunatin baik menggunakan metode apa dok...dan kira" sembuh nya brapa hari.?

    Makasih

    BalasHapus
  27. Mau tanya Dok. Anak saya baru 3 hari lepas klamp. knp ada seperti jaringan mukosa putih di sekeliling penis dkt dgn lingkaran hitam.Masih suka berdarah sdkt. Apakah hal tersebut normal? terima kasih

    BalasHapus
  28. Anak saya baru 3 hari lepas klamp. hari pertama masih suka berdarah. lalu hari ke tiga ini ada jaringan mukosa putih di sekeliling penis dkt lingkaran hitam. dan msh terasa sakit jika di sentuh. kira2 brp lama sembuhnya dan apakah hal tsb wajar?

    BalasHapus
  29. dok anak saya sunat dengan mahdian kalamp,setelah 5hr pemasangan mau di lepas sudah dipotong bagian depan, dan tinggal bagian belakang tapi karna nyeri anak saya tidak mau melanjutkan pelepasan dan brontak,kata dokternya nanti bisa di lepas sendiri? berapa lama nanti bisa kepasar sendiri ya Dok? terimakasih

    BalasHapus
  30. Dok saya mau tanya... Anak saya unur 9tahun selesai sunat clam.. Sudah leoas clamp.. Dan sekarang sudah 3 minggu..setelah sembuh kok kukitnya hampir menutup kembaLi,,jadi terkihat sedikit sekali dok ujungnya,bagaimana solusinya ya dok.. Apa harus sunat lagi atau gimana..apa mungkin itu karena kurang potong pas sunat...?

    BalasHapus
  31. Dok sy mau tny anak sy skrg umur 3thn klw bak ujung penis mengelembung tp air seni lncr klwr ny tp terkadang ujung penis merah & rs gatal dktr saranin untuk sunat tp sy msh tkt kira" metode sunat apa yg aman & minim rs skt & cepat sembuh mhn pjlsn ny dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 tahun umur yang gampang gampang susah disunat, gampangnya hari ini sunat besok aktivitas biasa dan lupa jika habis sunat, susahnya diperiksa aja nangis apalagi di sunat, metode yang rekomended sunat smart klamp karena proses cepat cukup 7 menit sudah selesai

      Hapus